SEHAT ITU MAHAL

Blog Widget by LinkWithin

Sehat Itu Mahal
Ungkapan sehat itu mahal adalah ungkapan yang sudah benar-benar teruji dan harus kita percayai. banyak dari kita terkadang mengabaikan kesehatan kita sendiri. Memang untuk menjadi sehat tidaklah gampang, pola makan, pola tidur, pola kerja dan banyak lagi pola-pola dalam kehidupan kita yang harus kita jaga. Sulit memang apalagi di jaman seperti ini dimana beberapa faktor terkadang memaksa kita untuk mengabaikan itu.

Saya sempat berbincang-bincang dengan seorang kawan yang juga dokter muda yang sedang mengambil sekolah spesialis. Kebiasaan orang indonesia adalah sulit untuk mencegah tapi gampang untuk berobat. hal ini berlaku juga untuk saya sendiri karena saya masih mengabaikan beberapa faktor yang rentan menimbulkan penyakit seperti pola makan dan pola tidur, dll. Pengabaian pola-pola hidup sehat ini sebenarnya sangat berbahaya. Macam-macam penyakit mengintai jika kita mengabaikan salah satu pola hidup sehat ini. Dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang paling berat. Contoh paling sederhana adalah mengabaikan pola makan yang sehat. Dari tidak teraturnya waktu makan sampai kepada makanan yang kita makan. penyakit mulai dari maag sampai pada diabetes dan kolesterol mengintai kita. Asupan makanan yang masuk ketubuh juga perlu dijaga karena ini yang paling berbahaya. Tubuh menerima langsung efek dari asupan makanan yang berbahaya ini.



Selain pola hidup sehat di atas, ada lagi pola ketika kita sudah terkena penyakit. Pola tersebut adalah rajinnya kita untuk kontrol atau check up walaupun kita merasa bahwa kita sudah sembuh. Tidak semua penyakit kita harus check up berkala, tapi ada beberapa penyakit yang mana kita harus check up berkala atau paling tidak check up pasca kejadian. Ini saya alami sendiri karena saya mengabaikan pola itu. Saya baru saja menjalani operasi tulang kaki, dimana tulang kaki saya terdapat infeksi. Sebenarnya hal ini sudah diketahui sejak lama dengan tanda2 yang kasat mata. Saya mengabaikan untuk kontrol ulang karena saya sudah merasa sembuh. Akibat dari keteledoran saya itu saya akhirnya malah membuat saya bertambah sakit dan harus kehilangan uang lebih banyak. Seandainya saya tidak mengabaikan hal itu, kemungkinan besar saya tidak akan masuk ke fase yang lebih berat lagi dalam penanganan penyakit saya.

apa yang saya tulis di atas adalah pengalaman saya sendiri dan bisa menjadi bahan pertimbangan teman-teman untuk mulai berpikir kembali dalam mengatur pola-pola hidup sehat. Sakit itu tidak enak apalagi kalo sampe opname. Walaupun kita mampu opname di ruang paling bagus dan paling nyaman dengan perawat yang selalu meladeni kita 1×24 jam, tetap saja paling enak itu kalo kita sehat.


About The Author:

Penulis: M.Joko Lukito
Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste artikel M.Joko Lukito Di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.. Follow me on Twitter Di Sini Add me on Facebook Di Sini.

0 komentar:

mengatakan...

KomentarImage Silahkan Menuliskan Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.

Silahkan Pilih Account yang sesuai dengan Blog/Website anda Dan Jika Anda Tidak Memiliki Account Apapun Maka Pilihlah Komentator Sebagai Anonymous...Terima Kasih.

DAFTAR ISI

RECIENT POSTING BERJALAN