kesehatan tubuh

Blog Widget by LinkWithin

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Daun Sukun

Manfaat Daun Sukun

Sukun telah bertahun-tahun dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai panganan baik makanan ringan ataupun makanan pokok. Buah sukun seringkali diolah sebagai gorengan, direbus, dijadikan keripik, ataupun diolah menjadi tepung untuk dijadikan mi atau roti. Namun, banyak yang belum mengetahui manfaat sukun / khasiat sukun bagi kesehatan, terutama daun sukun. Ternyata, daun sukun memiliki khasiat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit kardiovaskular atau lebih dikenal dengan penyakit jantung. Sebelumnya, penggunaan daun sukun sebagai obat lebih banyak diterapkan secara tradisional untuk mengobati liver, jantung, ginjal, limfa, gatal-gatal, sakit gigi, dan radang atau inflamasi. Penggunaan daun sukun sebagai obat tradisional adalah dengan merebus daun yang sudah tua dan berwarna kekuningan untuk kemudian diminum airnya.  

Teh Daun Sukun

Penelitian lebih lanjut ternyata menemukan bahwa teh daun sukun sangat baik untuk kesehatan jantung dan  menjaga kualitas pembuluh darah. Di dalam daun sukun terkandung senyawa flavonoid yang bersifat khas dan juga kandungan Beta-sitoserol. Ekstrak daun sukun mampu merawat pembuluh darah, terutama pembuluh darah jantung atau aorta dengan menghambat terjadinya penumpukan lemak pada dinding aorta. Dengan kemampuan ini, khasiat daun sukun dapat menjaga kesehatan secara signifikan, sebab aorta berperan penting untuk mendistribusikan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pada orang-orang berusia lanjut, atau 40 tahun ke atas, resiko penyakit jantung bertambah besar, terutama akibat pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Seperti kita ketahui, banyak orang-orang berusia lanjut yang terkena penyakit jantung berkaitan dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Hal ini menyebabkan dinding pembuluh darah menebal dan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh yang berdampak pada proses metabolisme dan fungsi organ vital lainnya. Daun sukun dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, sebab ekstrak daun sukun secara signifikan memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Flavonoid dan Beta Sitoserol dalam daun sukun juga mampu mencegah pengentalan berlebihan pada darah serta mencegah penggumpalan trombosit. Pada orang dengan poblem kolesterol, aliran darah dalam tubuh terganggu tidak hanya dari jantung ke seluruh tubuh, melainkan juga aliran darah pada jantung itu sendiri. Daun sukun berkhasiat menjaga jantung dari masalah tersebut.
Pada orang-orang berusia lanjut yang beresiko terkena penyakit jantung akibat kolesterol, pengobatan terhadap suatu penyakit, seperti jantung, dapat memicu komplikasi dengan fungsi organ vital lainnya seperti ginjal dan hati. Pengobatan ini memicu hati untuk bekerja lebih keras untuk memisahkan toksin yang terdapat dalam obat serta mendistribusikan khasiat obat ke dalam tubuh. Resiko ini dapat ditemui pada pasien dengan pengobatan penyakit menahun. Keistimewaan daun sukun adalah, khasiatnya yang mampu merawat dan melindungi fungsi jantung dan pembuluh darah tanpa disertai dengan efek samping yang dapat mengganggu kinerja hati, ginjal, dan jantung itu sendiri. Daun sukun berkhasiat melindungi jantung tanpa mengganggu profil darah maupun kemampuan hati untuk menyaring racun dan mengeluarkannya dari tubuh. Begitu pula dengan fungsi ginjal, daun sukun menunjukkan khasiatnya tanpa mengganggu kinerja ginjal untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.
Dengan khasiatnya yang tinggi, pembudidayaan sukun sangat bermanfaat, terlebih bagi kita yang hidup di daerah tropis. Sukun merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis, dan tersebar di Hawai, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Kamboja. Tidak hanya sebagai sumber obat baru, sukun sebenarnya telah banyak digunakan sebagai bahan makanan pokok di negara-negara tempat tanaman ini tumbuh. Kandungan lain yang bisa ditemukan dari buah sukun antara lain serat, zat besi, fosfor, natrium, kalsium, lemak dengan konsentrasi rendah, karbohidrat, vitamin C, protein, niasin, thiamin, natrium, roboflavin dan kalsium. Kandungan gizi ini membuat buah sukun layak menjadi bahan makanan pokok baru yang rendah kalori. Tidak hanya itu, batang dan akar sukun juga bermanfaat sebagai obat, antara lain untuk pengobatan darah tinggi dan liver, namun penggunannya masih terbatas dalam skala tradisional. Bagian dari sukun juga berfungsi sebagai anti nyamuk yaitu bunga jantannya yang telah kering. Dengan berbagai macam manfaat yang terdapat dalam sukun mulai dari daun, buah, hingga akar, batang dan bunganya, pembudidayaan sukun sangat bermanfaat sebagai sumber bahan pangan alternatif sekaligus sumber obat baru dengan kualitas lebih baik untuk kesehatan.
Teh Ostea+
Kini Anda bisa mendapatkan teh daun sukun dengan mudah, produk teh Ostea+ dari PT Mahkotadewa Indonesia merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati khasiat daun sukun yang dikombinasikan dengan herbal Indonesia pilihan.


About The Author:

Penulis: M.Joko Lukito
Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste artikel M.Joko Lukito Di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.. Follow me on Twitter Di Sini Add me on Facebook Di Sini.

0 komentar:

mengatakan...

KomentarImage Silahkan Menuliskan Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.

Silahkan Pilih Account yang sesuai dengan Blog/Website anda Dan Jika Anda Tidak Memiliki Account Apapun Maka Pilihlah Komentator Sebagai Anonymous...Terima Kasih.

DAFTAR ISI

RECIENT POSTING BERJALAN