budata hidup sehat

Blog Widget by LinkWithin

Kesibukan beraktifitas kadang menyebabkan kita tidak sempat untuk merawat kulit secara baik. Hasilnya kulit akan kehilangan kelembutannya. Seiring berjalannya usia, kulit pun cenderung menjadi lebih tipis & berkerut. Hal ini karena kelenjar sebaceous (kelenjar yang memproduksi minyak) menjadi berkurang aktiftasnya sehingga kulit menjadi lebih kering. Pembuluh darah didalam kulit juga menurun sehingga kulit kehilangan kecerahannya.
Sebenarnya kebiasaan sederhana untuk merawat kulit dapat menjaga kulit untuk selalu tetap terjaga kesehatan & kecantikannya di masa depan. Kebiaaan tersebut adalah :

1. Lindungi kulit dari sinar matahari
Hal yang sangat penting untuk merawat kulit adalah dengan cara melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar UV yang berasal dari sinar matahari dapat merusak kulit, menyebabkan timbulnya keriput, kulit kering & kasar bahkan tumor/kanker kulit.

Berikut adalah bebebrapa cara untuk melindungi kulit dari sinar matahari :
- hindari untuk beraktifitas diluar rumah dari jam 9 pagi-4 sore, bila harus beraktifitas batasi waktunya.
- Gunakan pakaian yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari seperti baju lengan panjang, topi dll.
- Gunakan selalu tabir surya saat beraktifitas diluar rumah. Sebaiknya pilih tabir surya yang dapat melindungi kulit dari sinar UV A & B serta mempunyai SPF (sun protecting factor) > 15. Oleskan tabir surya tersebut 15 menit sebelum melakukan aktifitas & ulangi lagi setiap 2 jam/setelah terkena air/berkeringat.

2. Jangan merokok
Merokok dapat mempercepat terjadinya penuaan & keriput pada kulit. Perubahan kulit akibat merokok dapat terjadi pada orang dewasa setelah 10 tahun. Merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah di kulit, akibatnya nutrisi untuk kulit menjadi berkurang yang kemudian dapat meningkatkan terjadinya kerusakan pada lapisan elastis kulit (elastin) & kolagen. Sebagai tambahan gerakan yang berulang pada saat merokok seperti menarik bibir saat menghisap ataupun kerdipan mata untuk menghindari asap juga dapat menyababkan terjadinya keriput.

3. Bersihkan muka dengan lembut
Membersihkan merupakan salah satu hal yang penting untuk merawat kulit. Kuncinya adalah dengan memperlakukan kulit secara lembut.

- Gunakan air yang hangat & batasi waktu mandi. Air panas atau berada di pancuran terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, sebaiknya batasi waktu mandi menjadi sekitar 15 menit & gunakan air hangat saja.
- Hindari menggunakan sabun yang keras. Sabun yang teralalu keras dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Sebaiknya pilihlah jenis sabun yang lembut ataupun tanpa deterjen yang telah ditambahkan minyak ataupun lemak.
- Hindari penggunaan bahan yang dapat mengiritasi kulit. Bila memiliki jenis kulit sensitive, hindari penggunaan produk yang mengandung parfum ataupun bahan pemutih karena dapat mengiritasi kulit atau memicu reaksi alergi.
- Bersihkan riasan mata dengan hati-hati. Sebaiknya gunakan spon lembut ataupun kapas untuk membersihkan riasan di daerah mata untuk menghindari kerusakan pada daerah tersebut
- Keringkan tubuh. Sehabis mandi atau mencuci muka, keringkan tubuh dengan cara ditepuk-tepuk sehingga sisa masih terdapat kelembapan dikulit, kemudian langsung oleskan pelembap kulit.

4. Gunakan pelembap tubuh secara rutin
Pelembap membantu untuk mempertahankan tingkat kelembapan dikulit dengan cara mencegah terjadinya penguapan air dari kulit atau dengan teratur melepaskan air ke kulit. Tipe pelembap & frekuensi pemberiannya tergantung pada banyak hal, termasuk jenis kulit, usia ataupun adanya kondisi khusus seperti jerawat. Pilihlah pelembap yang setidaknya mempunyai kandungan SPF 15 untuk melindungi kulit dari efek sinar matahari.

5. Bercukur dengan hati-hati
Kebiasaan bercukur merupakan salah satu cara yang mudah & murah untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan ditubuh. Tetapi bercukur dapat mengiritasi kulit, terlebih bila jenis kulitnya kering, sensitive ataupun tipis.

Berikut tips bercukur supaya tidak mengiritasi kulit :
- kompres daerah yang akan dicukur dnegan handuk hangat untuk membantu melembutkan rambut atau bercukurlah setelah mandi dengan air hangat.
- Jangan mencukur kulit yang kering karena dapat menimbulkan lecet. Oleskan lebih dahulu krim, gel ataupun losion pencukur rambut sebelumnya untuk melindungi & melembapkan kulit.
- gunakan pisau cukur yang nersih & tajam, jika menggunakan pisau cukur elektrik aturlah jarak pisau supaya tidak terlalu dekat sehingga tidak menyakiti kulit.
- Cukurlah sesuai arah tumbuh rambut.
- Bila sudah selesai bercukur, bilaslah dengan air hangat.

Bila tetap terjadi iritasi, oleskan pelembap yang tidak mengandung etil alkohol atau isopropil alcohol karena dapat lebih mengeringkan kulit.


About The Author:

Penulis: M.Joko Lukito
Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste artikel M.Joko Lukito Di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.. Follow me on Twitter Di Sini Add me on Facebook Di Sini.

0 komentar:

mengatakan...

KomentarImage Silahkan Menuliskan Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.

Silahkan Pilih Account yang sesuai dengan Blog/Website anda Dan Jika Anda Tidak Memiliki Account Apapun Maka Pilihlah Komentator Sebagai Anonymous...Terima Kasih.

DAFTAR ISI

RECIENT POSTING BERJALAN